- SEGMENTASI PASAR & ANALISIS DEMOGRAFI
Segmentasi pasar juga dapat diartikan sebagai proses pengidentifikasian dan menganalisis para pembeli di pasar produk, menganalisis perbedaan antara pembeli di pasar.
Analisis Demografi adalah analisis penduduk dari rahim hingga liang kubur (from thewomb to the tomb) karena meliputi analisis penduduk pada seluruh siklus kehidupanmanusia sejak dari kandungan sampai meninggal.
Demografi, ini merujuk data statistik penduduk, termasuk pendapatan, rata-rataumur, dan pendidikan. Kalau menurut Hermawan, demografi ini termasuk dalam Static Attribute Segmentation, atau cara memandang pasar berdasarkan geografis dan demografi. Geografis berarti kita melihat pasar berdasarkan wilayah (negara,kawasan, propinsi, kota). Sedangkan demografi berati kita melihat pasarberdasarkan jenis kelamin, usia, pekerjaan, agama dan pendidikan.
A.
Segmentasi Pasar
& Kepuasan Konsumen
Menurut Philip Kotler dalam bukunya
Principle of Marketing, kepuasan konsumen adalah hasil yang dirasakan oleh
pembeli yang mengalami kinerja sebuah perusahaan yang sesuai dengan harapannya.
Kepercayaan konsumen merupakan hal yang ingin di dapat setiap perusahaan dari
para konsumennya.
Macam-macam atau
Jenis kepuasan konsumen
Kepuasan konsumen terbagi menjadi 2 :
a. Kepuasan Fungsional, merupakan kepuasan yang diperoleh dari fungsi atau pemakaian suatu produk. Misal : karena makan membuat perut kita menjadi kenyang.
b. Kepuasan Psikologikal, merupakan kepuasan yang diperoleh dari atribut yang bersifat tidak berwujud. Misal : Perasaan bangga karena mendapat pelayanan yang sangat istimewa dari sebuah rumah makan yang mewah
Kepuasan konsumen terbagi menjadi 2 :
a. Kepuasan Fungsional, merupakan kepuasan yang diperoleh dari fungsi atau pemakaian suatu produk. Misal : karena makan membuat perut kita menjadi kenyang.
b. Kepuasan Psikologikal, merupakan kepuasan yang diperoleh dari atribut yang bersifat tidak berwujud. Misal : Perasaan bangga karena mendapat pelayanan yang sangat istimewa dari sebuah rumah makan yang mewah
B.
Segmentasi &
Provitabilitas
Profitabilitas adalah kemampuan perusahaan memperoleh laba dalam dengan penjualan, total aktiva maupun modal
sendiri. Dengan demikian bagi investor jangka panjang akan sangat
berkepentingan dengan analisa profitabilitas ini.
Hubungan antara kepuasan pelanggan dan profitabilitas sangatlah erat. Studi
yang menunjukkan hal ini, terutama sepanjang dekade 80-an dan awal 90-an sudah
sangat banyak. Secara logikapun, pelaku bisnis juga dengan mudah meyakini
adanya hubungan antara dua hal ini.Kepuasan pelanggan pada dasarnya adalah
fungsi dari harapan dan persepsi terhadap kinerja suatu merek setelah pelanggan
menggunakan atau mendapatkan pelayanan. Di lain pihak, loyalitas adalah fungsi
kepuasan pelanggan.
Faktor lain yang terutama adalah switching barrier dan personal loyalty.
Jadi, pelanggan yang puas, tidaklah 100% akan loyal karena adanya kedua faktor
tersebut. Tetapi adalah masih benar bahwa pelanggan yang puas, akan mempunyai
kecenderungan untuk loyal terhadap merek tersebut. Dan dapat dilihat juga dari
tingkat efisiensi proses produksi, berdayakan orang-orang yang berdedikasi
melalui kepemimpinan, serta kompensasi yang sesuai.
c. Penggunaan
Segmentasi Dalam Strategi Pemasaran
Faktor penting lain yang harus diperhitungkan ketika mengembangkan strategi
pemasaran untuk konsumen adalah "segmentasi pasar". Segmentasi pasar berarti membagi pelanggan
potensial perusahaan ke dalam berbagai segmen atau kelompok (misalnya,
berdasarkan usia, jenis kelamin, agama, lokasi, dll) dan kemudian memfokuskan
strategi pemasaran pada satu atau lebih kelompok-kelompok. Bila menggunakan
segmentasi pasar, penting untuk menentukan apa faktor-faktor yang akan
dipertimbangkan. Faktor-faktor yang disebut variabel segmentasi. Variabel
segmentasi perlu berhubungan dengan kebutuhan, penggunaan, atau perilaku
terhadap produk atau jasa. Sebagai contoh, produsen gitar akustik akan paling
mungkin segmen pasar berdasarkan usia, yaitu, strategi pemasaran mereka akan
dirancang untuk menarik dan mempengaruhi remaja.
Sumber daya dan kemampuan perusahaan untuk menentukan jumlah dan ukuran
segmen pasar yang mereka dapat berharap untuk menarik dengan strategi pemasaran
mereka. Jenis produk dan layanan, serta variasi dalam kebutuhan pelanggan
mereka, akan memainkan peran dalam ukuran dan jumlah segmen pasar yang
ditargetkan. Memilih variabel segmentasi yang tepat adalah bagian penting dalam
penargetan pasar konsumen tertentu. Memilih variabel segmentasi yang tepat
adalah bagian penting dalam penargetan pasar konsumen tertentu. Segmentasi
pasar merupakan tindakan untuk mengidentifikasi dan membentuk kelompok pembeli
yang terpisah-pisah yang mungkin membutuhkan produk dan bauran pemasaran yang
tersendiri. Pada penelitian ini basis segmentasi yang digunakan adalah gaya
hidup yang dapat mempengaruhi bauran pemasaran dan preferensi terhadap bauran
pemasaran dari E-Commerce. Ini berarti basis segmentasi ini dilihat dari
perilaku mereka terhadap bauran pemasaran.
Dengan kesamaan karakteristik perilaku yang berpengaruh terhadap bauran
pemasaran ini diharapkan setiap segmen yang terbentuk dapat didekati dengan
penawaran yang tepat sehingga meningkatkan kepuasan pelanggan dari
masing-masing segmen
Dari kedelapan elemen bauran pemasaran yang digunakan terdapat 6 elemen yang signifikan dalam membedakan antar segmen, yaitu produk, promosi, bukti fisik, komunitas, proses dan harga. Dua yang lain yaitu tempat dan perubahan ternyata untuk tingkat kepercayaan 95% tidak dapat digunakan untuk membedakan segmen. Ini berarti setiap segmen mempunyai preferensi bauran pemasaran yang sama terhadap kedua elemen tersebut.
PERUSAHAN YANG DIANALISIS
Nama
|
:
|
Panorama Sentrawisata Tbk
|
|
|
Kode
|
:
|
PANR
|
|
|
Alamat Kantor
|
:
|
PANORAMA BUILDING, 6th Floor, Jl. Tomang Raya No. 63,
Jakarta Barat 11440
|
|
|
Alamat Email
|
:
|
corsec.panr@panorama-group.com
|
|
|
No. Telepon
|
:
|
+62 21 2556.5000
|
|
|
|
|
|||
Faks
|
:
|
+62 21 2556.5055
|
|
|
NPWP
|
:
|
01.746.338.1-054.000
|
|
|
NPKP
|
:
|
0
|
|
|
Situs
|
:
|
|
||
Tanggal IPO
|
:
|
01-Jan-1950
|
|
|
Papan
|
:
|
UTAMA
|
|
|
Bidang Usaha Utama
|
:
|
Biro Perjalanan Wisata
|
|
|
Sektor
|
:
|
TRADE, SERVICES & INVESTMENT
|
|
|
Sub Sektor
|
:
|
TOURISM, RESTAURANT AND HOTEL
|
|
|
Biro Administrasi Efek
|
:
|
PT. Blue Chip Mulia
|
|
Our line of businesses cover the area of
Destination Management, Travel & LeisureManagement, Convention &
Exhibition, Transportation and Hospitality; and our product offered ranges from
tour operators, professional conference & exhibition organizer, a fleet of
more than 1000 tourist coaches & executive taxis, car rentals, recreation
parks, restaurant & cafes, publication, hotel development, hotel management
and hotel distribution channel.
Today, with 40 years of experience, an
outstanding brand portfolio, supported by more than3500 staffs with more than
100 offices in Indonesia and abroad, and has been serving millions of
customers, Panorama Group has positioned itself as the most dynamic and
innovative group of companies in Indonesia with effective market-entry
strategies.
We envision a better future through our commitment in bringing smiles to millions… and becoming a truly Indonesia’s pride…!
We envision a better future through our commitment in bringing smiles to millions… and becoming a truly Indonesia’s pride…!
a. Segmentasi Pasar& Kepuasan Konsumen
Panorama Sentrawisata Tbk dilihat dari segi segmentasi pasar dan kepuasan yang konsumen yang telah saya analisis sungguh merupkan hasil kinerja manajemen yang baik karena perusahaan ini mengutamakan pelayan yang baik kepada konsumennya. Dan dari tahun ke tahun selalu melakukan inovasi yang menarik supaya memikat para konsumen yang membutuhkan perusahaan jasa trevel ini.
b. Segmentasi & Provitabilitas
Provit yang didapatkan oleh Panorama Sentrawisata Tbk ini sangatlah bernilai baik karena segi manajemen dari perusahaan ini selalu berusaha untuk meningkatkan kepuasan konsumen dalam melayani apa yang diinginkan konsumen dan dibutuhkan konsumen. Dan kepuasan konsumen terpenuhi maka 100% loyalitas akan meningkatkan laba perusahaan travel panorama.
c. Penggunaan Segmentasi Dalam Strategi Pemasaran
strategi pemasaran Panorama Group telah memposisikan diri sebagai kelompok yang paling dinamis dan inovatif perusahaan di Indonesia dengan strategi pasar entry efektif . Didukung
oleh lebih dari 3500 staf dengan lebih dari 100 kantor di Indonesia dan
luar negeri , dan telah melayani jutaan pelanggan. Panorama Sentrawisata Tbk berdedikasi
untuk inovasi , layanan terbaik dan nilai yang berkelanjutan bagi
masyarakat dan lingkungan di mana perusahaan panorama beroperasi .
Lini usaha Panorama Sentrawisata Tbk mencakup bidan, Travel &
LeisureManagement, Convention & Exhibition, Transportasi dan
Perhotelan, dan produk yang ditawarkan berkisar dari operator tur,
profesional & konferensi penyelenggara pameran, armada lebih dari
1000 turis pelatih & taksi eksekutif, penyewaan
mobil, taman rekreasi, restoran & kafe, publikasi, pengembangan
hotel, manajemen hotel dan saluran distribusi hotel.
SUMBER :
1. http://yodiahadishtis.blogspot.com/2012/11/segmentasi-pasar-dan-analisis- demografi.htmL
4. Sutojo, Siswanto. Manajemen Pemasaran Untuk Eksekutif Non Pemasaran, Jakarta: Damar Mulia Pustaka, 2009
Tidak ada komentar:
Posting Komentar