Jumat, 04 Oktober 2013

SEGMENTASI



  1.   SEGMENTASI PASAR & ANALISIS DEMOGRAFI


Segmentasi pasar adalah bagian dari pasar secara keseluruhan. Sedangkan bagi setiap perusahaan pasar adalah orang perorangan dan/atau organisasi yang membutuhkan produk mereka serta mempunyai kemampuan untuk membelinya. Segmen pasar terdiri dari pembeli potensial tertentu (dalam jumlah banyak) yang memenuhi kriteria-kriteria yang sama. Kriteria-kriteria tersebut dapat berupa faktor demografis tertentu, tingkat tenaga beli, umur, ras, suku, gender, faktor-faktor situasi khusus dan sebagainya. Walaupun tidak 100% identik pembeli potensial yang tergolong dalam satu segmen pasar yang sama biasanya mempunyai preferensi kebutuhan dan keinginan akan produk yang mirip-mirip. 
Segmentasi pasar juga dapat diartikan sebagai proses pengidentifikasian dan menganalisis para pembeli di pasar produk, menganalisis perbedaan antara pembeli di pasar. 

Analisis Demografi adalah analisis penduduk dari rahim hingga liang kubur (from thewomb to the tomb) karena meliputi analisis penduduk pada seluruh siklus kehidupanmanusia sejak dari kandungan sampai meninggal. 

Demografi, ini merujuk data statistik penduduk, termasuk pendapatan, rata-rataumur, dan pendidikan. Kalau menurut Hermawan, demografi ini termasuk dalam Static Attribute Segmentation, atau cara memandang pasar berdasarkan geografis dan demografi. Geografis berarti kita melihat pasar berdasarkan wilayah (negara,kawasan, propinsi, kota). Sedangkan demografi berati kita melihat pasarberdasarkan jenis kelamin, usia, pekerjaan, agama dan pendidikan.

A.       Segmentasi Pasar & Kepuasan Konsumen
Menurut Philip Kotler dalam bukunya Principle of Marketing, kepuasan konsumen adalah hasil yang dirasakan oleh pembeli yang mengalami kinerja sebuah perusahaan yang sesuai dengan harapannya. Kepercayaan konsumen merupakan hal yang ingin di dapat setiap perusahaan dari para konsumennya.
Macam-macam atau Jenis kepuasan konsumen
Kepuasan konsumen terbagi menjadi 2 :
a. Kepuasan Fungsional, merupakan kepuasan yang diperoleh dari fungsi    atau  pemakaian suatu produk. Misal : karena makan membuat perut kita menjadi kenyang.
b. Kepuasan Psikologikal, merupakan kepuasan yang diperoleh dari atribut yang bersifat tidak berwujud. Misal : Perasaan bangga karena mendapat pelayanan yang sangat istimewa dari sebuah rumah makan yang mewah

B.       Segmentasi & Provitabilitas
Profitabilitas adalah kemampuan perusahaan memperoleh laba dalam  dengan penjualan, total aktiva maupun modal sendiri. Dengan demikian bagi investor jangka panjang akan sangat berkepentingan dengan analisa profitabilitas ini.
Hubungan antara kepuasan pelanggan dan profitabilitas sangatlah erat. Studi yang menunjukkan hal ini, terutama sepanjang dekade 80-an dan awal 90-an sudah sangat banyak. Secara logikapun, pelaku bisnis juga dengan mudah meyakini adanya hubungan antara dua hal ini.Kepuasan pelanggan pada dasarnya adalah fungsi dari harapan dan persepsi terhadap kinerja suatu merek setelah pelanggan menggunakan atau mendapatkan pelayanan. Di lain pihak, loyalitas adalah fungsi kepuasan pelanggan.
Faktor lain yang terutama adalah switching barrier dan personal loyalty. Jadi, pelanggan yang puas, tidaklah 100% akan loyal karena adanya kedua faktor tersebut. Tetapi adalah masih benar bahwa pelanggan yang puas, akan mempunyai kecenderungan untuk loyal terhadap merek tersebut. Dan dapat dilihat juga dari tingkat efisiensi proses produksi, berdayakan orang-orang yang berdedikasi melalui kepemimpinan, serta kompensasi yang sesuai.


c. Penggunaan Segmentasi Dalam Strategi Pemasaran


Faktor penting lain yang harus diperhitungkan ketika mengembangkan strategi pemasaran untuk konsumen adalah "segmentasi pasar".  Segmentasi pasar berarti membagi pelanggan potensial perusahaan ke dalam berbagai segmen atau kelompok (misalnya, berdasarkan usia, jenis kelamin, agama, lokasi, dll) dan kemudian memfokuskan strategi pemasaran pada satu atau lebih kelompok-kelompok. Bila menggunakan segmentasi pasar, penting untuk menentukan apa faktor-faktor yang akan dipertimbangkan. Faktor-faktor yang disebut variabel segmentasi. Variabel segmentasi perlu berhubungan dengan kebutuhan, penggunaan, atau perilaku terhadap produk atau jasa. Sebagai contoh, produsen gitar akustik akan paling mungkin segmen pasar berdasarkan usia, yaitu, strategi pemasaran mereka akan dirancang untuk menarik dan mempengaruhi remaja.

Sumber daya dan kemampuan perusahaan untuk menentukan jumlah dan ukuran segmen pasar yang mereka dapat berharap untuk menarik dengan strategi pemasaran mereka. Jenis produk dan layanan, serta variasi dalam kebutuhan pelanggan mereka, akan memainkan peran dalam ukuran dan jumlah segmen pasar yang ditargetkan. Memilih variabel segmentasi yang tepat adalah bagian penting dalam penargetan pasar konsumen tertentu. Memilih variabel segmentasi yang tepat adalah bagian penting dalam penargetan pasar konsumen tertentu. Segmentasi pasar merupakan tindakan untuk mengidentifikasi dan membentuk kelompok pembeli yang terpisah-pisah yang mungkin membutuhkan produk dan bauran pemasaran yang tersendiri. Pada penelitian ini basis segmentasi yang digunakan adalah gaya hidup yang dapat mempengaruhi bauran pemasaran dan preferensi terhadap bauran pemasaran dari E-Commerce. Ini berarti basis segmentasi ini dilihat dari perilaku mereka terhadap bauran pemasaran.

Dengan kesamaan karakteristik perilaku yang berpengaruh terhadap bauran pemasaran ini diharapkan setiap segmen yang terbentuk dapat didekati dengan penawaran yang tepat sehingga meningkatkan kepuasan pelanggan dari masing-masing segmen

Dari kedelapan elemen bauran pemasaran yang digunakan terdapat 6 elemen yang signifikan dalam membedakan antar segmen, yaitu produk, promosi, bukti fisik, komunitas, proses dan harga. Dua yang lain yaitu tempat dan perubahan ternyata untuk tingkat kepercayaan 95% tidak dapat digunakan untuk membedakan segmen. Ini berarti setiap segmen mempunyai preferensi bauran pemasaran yang sama terhadap kedua elemen tersebut.
 


PERUSAHAN YANG DIANALISIS 


Nama
:
Panorama Sentrawisata Tbk


Kode
:
PANR


Alamat Kantor
:
PANORAMA BUILDING, 6th Floor, Jl. Tomang Raya No. 63, Jakarta Barat 11440


Alamat Email
:
corsec.panr@panorama-group.com


No. Telepon
:
+62 21 2556.5000







Faks
:
+62 21 2556.5055


NPWP
:
01.746.338.1-054.000


NPKP
:
0


Situs
:


Tanggal IPO
:
01-Jan-1950


Papan
:
UTAMA


Bidang Usaha Utama
:
Biro Perjalanan Wisata


Sektor
:
TRADE, SERVICES & INVESTMENT


Sub Sektor
:
TOURISM, RESTAURANT AND HOTEL


Biro Administrasi Efek
:
PT. Blue Chip Mulia



 Initially established in 1972 as a tour & travel company, Panorama Group has grown into an integrated group of companies focusing on Tourism, Transportation, Hospitality and relatedbusinesses. We are dedicated to innovation, excellent services and sustainable values to the community and to the environment where we operate.
Our line of businesses cover the area of Destination Management, Travel & LeisureManagement, Convention & Exhibition, Transportation and Hospitality; and our product offered ranges from tour operators, professional conference & exhibition organizer, a fleet of more than 1000 tourist coaches & executive taxis, car rentals, recreation parks, restaurant & cafes, publication, hotel development, hotel management and hotel distribution channel.
Today, with 40 years of experience, an outstanding brand portfolio, supported by more than3500 staffs with more than 100 offices in Indonesia and abroad, and has been serving millions of customers, Panorama Group has positioned itself as the most dynamic and innovative group of companies in Indonesia with effective market-entry strategies.
We envision a better future through our commitment in bringing smiles to millions… and becoming a truly Indonesia’s pride…!

a. Segmentasi Pasar& Kepuasan Konsumen
Panorama Sentrawisata Tbk dilihat dari segi segmentasi pasar dan kepuasan yang konsumen yang telah  saya analisis sungguh merupkan hasil kinerja manajemen yang baik karena perusahaan ini mengutamakan pelayan yang baik kepada konsumennya. Dan dari tahun ke tahun selalu melakukan inovasi yang menarik supaya memikat para konsumen yang membutuhkan perusahaan jasa trevel ini.

b. Segmentasi & Provitabilitas
Provit yang didapatkan oleh Panorama Sentrawisata Tbk ini sangatlah bernilai baik karena segi manajemen dari perusahaan ini selalu berusaha untuk meningkatkan kepuasan konsumen dalam melayani apa yang diinginkan konsumen dan dibutuhkan konsumen. Dan kepuasan konsumen terpenuhi maka 100% loyalitas akan meningkatkan laba perusahaan travel panorama.

c. Penggunaan Segmentasi Dalam Strategi Pemasaran
strategi pemasaran Panorama Group telah memposisikan diri sebagai kelompok yang paling dinamis dan inovatif perusahaan di Indonesia dengan strategi pasar entry efektif . Didukung oleh lebih dari 3500 staf dengan lebih dari 100 kantor di Indonesia dan luar negeri , dan telah melayani jutaan pelanggan. Panorama Sentrawisata Tbk berdedikasi untuk inovasi , layanan terbaik dan nilai yang berkelanjutan bagi masyarakat dan lingkungan di mana perusahaan panorama beroperasi .
Lini usaha Panorama Sentrawisata Tbk mencakup bidan, Travel & LeisureManagement, Convention & Exhibition, Transportasi dan Perhotelan, dan produk yang ditawarkan berkisar dari operator tur, profesional & konferensi penyelenggara pameran, armada lebih dari 1000 turis pelatih & taksi eksekutif, penyewaan mobil, taman rekreasi, restoran & kafe,  publikasi, pengembangan hotel, manajemen hotel dan saluran distribusi hotel.


SUMBER :
1. http://yodiahadishtis.blogspot.com/2012/11/segmentasi-pasar-dan-analisis-  demografi.htmL
4. Sutojo, Siswanto. Manajemen Pemasaran Untuk Eksekutif Non Pemasaran, Jakarta: Damar Mulia Pustaka, 2009



Tidak ada komentar:

Posting Komentar