Jumat, 23 Desember 2011

TULISAN 5 IBD

Nama : Siti Nadillah Salasa
NPM  : 16211817
Kelas  : 1EA17

 
GELOMBANG TSUNAMI DI DARATAN NANGGROE ACEH DARUSSALAM

          Penderitaan terbesar bagi negara Indonesia adalah dimana saat terjadi bencana alam yang tak diduga yaitu bencana gelombang tsunami yang terjadi pada hari Minggu tepatnya tanggal 26 Desember 2004 pukul 07.58. Gempa ini berkekuatan sebesar  9,3 menurut skala Richter dan gelombang air pun setinggi 9 meter. Dari gelombang tsunami yang sangat besar itu ternyata mengguncang ke berbagai negara luar, seperti : Sri Lanka, Bangladesh, India, Thailand, Maladewa, Malaysia, dan Somalia, Myanmar, Tanzania, Kenya, Afrika Selatan, dan Madagaskar.
            Dan gelombang tsunami tersebut menelan korban jiwa mencapai 230.000 yang terhitung dalam 8 negara. Dan korban jiwa yang tercatat dalam depkes Indonesia mencapai ribuan jiwa yang telah meninggan. Selebihnya yang luka parah dan orang yang hilang pun mencapai ribuan. Dan peristiwa bencana ini merupakan penderitaan yang sangat dalam bagi Indonesia. Karen kerusakan fasilitas yang penting-penting seperti, sekolah, perkantoran, tempat usaha, tempat peribadatan, tempat rekreasi di Aceh semuanya rata dengan tanah.
            Sebisa mungkin pemerintah mengadakan  bakti sosial dan peduli sesama untuk menggalang dana sebagai tanda kepedulian untuk masyarakat Aceh. Dana untuk menyalurkan kepedulian tersebut bisa berupa uang tunai, bahan makanan, pakaian, dan obat-obatan.
            Korban jiwa gelombang tsunami itu bergelimpangan dimana-mana. Dan pemerintah juga memberikan pertolongan berupa tenaga manusia dalam mencari dan mengidentifikasi korban jiwa yang meninggal , korban jiwa yang hilang , dan korban jiw yang luka-luka.

 Sumber : www.google.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar